oleh

LSI Lakukan Survei 66,3% Publik Puas Kinerja Jokowi, tapi Turun Dibanding Akhir 2021

Linktodays.com – Jakarta. Lembaga Survei Indonesia (LSI) mengeluarkan rilis nasional bertajuk ‘Sikap Publik terhadap Penundaan Pemilu dan Masa Jabatan Presiden’. Salah satu yang disurvei adalah kepuasan publik terhadap kepemimpinan Presiden Jokowi.

Direktur Eksekutif Lembaga Survei Indonesia (LSI) Djayadi Hanan menjelaskan, tingkat kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi per Februari 2022 mencapai 66,3 persen.

“Tingkat kepuasan kinerja presiden. Survei pada Februari 2022 menemukan bahwa tingkat kepuasan presiden ada di angka 66,3 persen. Masih bagus. Jadi mayoritas menyatakan puas atas kinerja Pak Jokowi sebagai presiden,” ujar Djayadi dalam paparan survei secara virtual, Kamis (03/03/2022).

Sementara yang menjawab kurang atau tidak puas sebesar 29,9 persen, dan 3,8 persen responden tidak menjawab.
Namun, angka ini cukup menurun ketimbang dari survei beberapa lembaga sebelumnya yang dilaksanakan akhir 2021.

Dalam paparannya, tingkat kepuasan Jokowi pada November 2021 sebesar 72 persen, dan menurun sedikit pada Desember 2021 menjadi 71,4 persen. Dan survei terbaru semakin turun menjadi 66,3 persen.

“Ada penurunan terhadap kinerja tingkat kepuasan kinerja presiden. Kalau dibandingkan Desember 2021 berdasarkan survei kali ini dari 71,4, jadi 66,3 persen,” ucap dia.

Namun, jika dibandingkan antara massa pendukung Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno pada Pilpres 2024, maka pendukung Jokowi saat ini mengaku mayoritas puas. Namun, hasil sebaliknya terlihat dari pendukung Prabowo-Sandi.

“Pemilih Jokowi pada 2019 lalu cenderung sangat puas dengan kinerja presiden. Sedangkan pemilih Prabowo lebih dari 50 persen cenderung enggak puas. Jadi tingkat kepuasan ini masih terkait dengan sikap partisan hasil Pemilu 2019,” jelas Djayadi.

Lantas, bagaimana kepuasan responden berdasarkan segi pilihan partai politiknya? Djayadi menegaskan hampir semua pemilih parpol menyatakan kepuasannya terhadap pemerintahan Jokowi.

Baca Juga: Polri Minta Seluruh Anggota Tak Terlibat Urusan Demokrasi

Baca Juga: Sekjen PDIP: Pandemi dan Minyak Goreng Lebih Penting dari Penundaan Pemilu 2024

Baca Juga: Kapolres Simalungun Ikuti Rampim Polri Tahun 2022, Kapolri: Personil Tanamkan Nilai Tribrata dan Catur Prasetya, Sesuai Intruksi Presiden

“Hampir semua pemilih partai menyatakan tingkat kepuasannya terhadap kinerja presiden. PKB 74 persen, PDIP 80 persen, Golkar, NasDem, kemudian PPP, Demokrat itu semua menyatakan tingkat kepuasan terhadap presiden. Yang agak rendah adalah pemilih Gerindra, PKS, dan pemilih PAN itu rendah tingkat kepuasaannya,” tutup Djayadi.

Survei LSI ini berlangsung pada 25 Februari – 1 Maret 2022 dengan melibatkan 1.197 responden dan menggunakan metode simple random samping. Margin of error survei ini kurang lebih 2,89 persen dan memiliki tingkat kepercayaan 95 persen. (Red)

Sumber: kumparan.com

Komentar

News Feed